Kenalan dengan Internet, Yuk !!

Cikal bakal jaringan internet yang saat ini kita kenal pertama kali dikembangkan pada tahun 1969 dengan nama ARPAnet oleh DARPA(US Defence Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Pada tahun tersebut telah timbul pemikiran bahwa bagaimana menyimpan data pada tempat yang terpisah-pisah tetapi dapat digunakan secara bersamaan, maksud dari penelitian ini adalah bagaimana cara mengamankan data saat salah satu data center diserang oleh musuh, saat salah satu data center diserang musuh maka data center lainnya masih bisa menyediakan informasi. Hal ini juga dipicu oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Sovyet (pada waktu itu). Hasil dari perkembangan ini adalah pengembangan teknologi internetworking dengan model protocol layer, data packet, transport service dan paradigma client-server.

Pada awalnya internet berasal dari sebuah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel, sehingga membentuk network (jaringan komputer). Kemudian jaringan-jaringan tersebut dihubungkan lagi sehingga membentuk internetwork. Dari internetwork tersbut dapat kita kenal beberapa istilah untuk klasifikasi jaringan komputer, seperti : 

  • Jaringan lingkup kantor kita sebut LAN (Local Area Network)
  • Jaringan antar kantor/kota/wilayah kita sebut WAN (Wide Area Network)
  • Jaringan antar negara bisa juga kita sebut sebagai Internetwork atau lebih dikenal Internet.

Jaringan internet saat ini telah berkembang sangat cepat, kalau dahulu hanya menggunakan kabel bahkan untuk antar negara digunakan kabel internasional bawah laut, untuk saat ini seluruh media komunikasi dapat digunakan, seperti komunikasi satelit dan radio (jaringan GSM, CDMA). Sehingga komputer-komputer tersbut dapat terhubung dengan mudah dan saling “berkomunikasi”.

Dengan berkembangnya jaringan internet yang dapat kita umpamakan sebagai “jalan raya” atau infrastruktur, maka banyak aplikasi yang bisa dikembangkan melalui jaringan internet. Yang paling banyak kita kenal disini adalah website atau homepage, kemudian kita kenal lagi WAP yaitu aplikasi website yang bisa diakses melalui handphone, ada lagi e-mail, chatting, ATM, e-banking, e-commerce dan sebagainya. (en)

Leave a comment