Program dan SDM

Program Layanan

Program layanan, program pembelajaran, pengembangan program dan recruitment, training, administrasi & manajemen dengan pengurus lokasi

  1. Layanan pembelajaran  bagi anak 4 – 9 tahun
  2. Layanan pengembangan life skill bagi remaja dan ibu produktif
  3. Layanan perpustakaan bagi warga masyarakat
  4. Layanan edukasi pengasuhan dan kesehatan bagi kaum ibu.
  5. Rumah Pintar beroperasi pada hari Selasa-Minggu, jam 09.00 – 16.00 (dpt disesuaikan)
  6. Setiap 6 bulan dilakukan evaluasi pada setiap programnya

Fasilitas Pebelajaran

  1. Sentra Buku = max. 20  anak/orang dewasa.
  2. Jumlah Buku lbh kurng 5000 judul
  3. Sentra Komputer = max. 5 anak (bergantian)
  4. Minimal 3 buah jenis PC idealnya 5
  5. Sentra Alat Permainan = max. 20 anak/orang dewasa
  6. Minimal 100 jenis educational toys dan kelengkapan
  7. ATK nya untuk permainan kreatif & limbah.
  8. Sentra Panggung & VCD = max. Dpt menampung 20 anak/orang dewasa dan koleksi dvd / cd minimal 20 buah
  9. Sentra Kriya = Sentra pemberdayaan content lokal/lifeskill yg Outputnya penghasilan dari penduduk setempat bertambah / meningkat.
  10. Setiap unit rumah pintar dipimpin oleh 1 tutor dan 4 asisten tutor untuk 4 sentra

Mekanisme Pelayanan

  1. Dibuat dalam 2 kategori anak/ orang dewasa (Ibu-ibu,remaja dll) :
  2. Peserta datang, didaftar oleh tutor.
  3. Memberikan peserta kesempatan untuk bereksplorasi sejenak, sambil menunggu teman-temannya.
  4. Tutor memberikan arahan.
  5. Peserta memilih sentra sesuai dengan minatnya.
  6. Tutor melakukan pengamatan untuk memetakan kebutuhan peserta.
  7. Bila peserta sudah fokus, tutor membimbing belajar dengan pendekatan Multiple Intelligence.
  8. Selesai program, di review kembali kemudian diberi reward kecil / sederhana

Rincian Tugas bidang SDM Koordinator Lokasi/ Tutor

  1. Merencanakan struktur organisasi operasional kerja “Rumah Pintar”
  2. Merencanakan dan membuat uraian lingkup pekerjaan dan kriteria jabatan
  3. Membuat rencana pembiayaan operasional.
  4. Melaksanakan kegiatan administrasi secara keseluruhan.
  5. Melakukan evaluasi kegiatan asisten tutor
  6. Bertanggung jawab terhadap proses kegiatan pembelajaran
  7. Membuat laporan kegiatan berkala
     

Asisten Tutor

  1. Merencanakan proses pembelajaran
  2. Mengelola kegiatan pembelajaran
  3. Melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran
  4. Bertanggungjawab terhadap kondisi rumah dan peralatan.
  5. Memeriksa dan memelihara koleksi buku, CD  dan peralatan pendukung seperti: komputer, TV, CD Player.
  6. Mengawasi dan merawat rumah dan peralatannya selama kegiatan berlangsung.
  7. Memperbaiki kerusakan setelah mendapat persetujuan Koord. Lokasi
  8. Melaporkan hasil kegiatan setiap hari kepada Koord. Unit

Kriteria Jabatan
KOORDINATOR LOKASI / TUTOR

  1. Pendidikan terakhir sarjana.
  2. Usia 25 – 40 tahun.
  3. Mampu mengoperasikan program komputer.
  4. Bersedia bekerja full time.
  5. Mampu bekerja sama dalam tim.
  6. Menyenangi dunia anak.
  7. Memiliki kepribadian menarik.
     

ASISTEN TUTOR

  1. Usia 25 – 50 tahun
  2. Warga tetap di wilayah Rumah Pintar.
  3. Bersedia bekerja full time
  4. Menyenangi dunia anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s